Jelajah

Eks Pasar Legi Selatan Gagal Dijadikan Panggung Ekraf

Rencana Pemkab Ponorogo memanfaatkan lahan bekas Pasar Lanang sebagai panggung Ekonomi Kreatif (Ekraf) batal. Pasalnya, lokasi eks Pasar Lanang dinilai kurang representatif untuk kesenian.

Lokasi panggung Ekraf bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tersebut akhirnya pindah ke kawasan Stadion Batoro Katong.

Judha Slamet Sarwo Edi, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo, mengatakan pertimbangan lainnya yakni kepadatan lalu lintas (lalin) di Jalan HOS Cokroaminoto dan sekitarnya menjadi kendala tersendiri.

Dikhawatirkan acara pertunjukan kesenian maupun budaya yang digelar di panggung Ekraf memicu kemacetan arus lalin. Dijelaskan panggung Ekraf akan dibangun di lokasi baru, yaitu di barat Stadion Batoro Katong atau tempat pedagang kaki lima (PKL) berjualan.

Nantinya, seluruh PKL di barat stadion akan dipindah ke taman kota karena dulunya juga berasal dari taman kota. Judha mengklaim rencana itu telah disetujui PKL. Pemilihan relokasi menurutnya juga dilakukan oleh pedagang.

Saat ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro (Disperdakum) tengah menyusun rencana pembangunan kios baru tersebut. (yd/rl/ab)