Jelajah

Viral Detik-Detik Evakuasi Truk Bermuatan Pinus di Baosan Kidul Ngrayun yang Nyaris Terjun ke Jurang

Sempat viral di media sosial, truk bermuatan getah pinus nyaris terjun ke jurang di Desa Baosan Kidul, Ngrayun. Truck berwarna biru kuning itu mengalami insiden saat melintasi jalur yang licin dan menanjak. Tak mampu mengatasi medan sulit, truk tersebut berusaha mundur dan akhirnya terperosok ke tepi jurang. Untungnya, bodi truk nyangkut di pohon, sehingga tidak jatuh lebih dalam ke jurang.

Dalam rekaman video, terlihat warga Desa Baosan Kidul beramai-ramai berkumpul untuk membantu evakuasi. Dengan menggunakan tali tambang, mereka secara manual mengangkat truk yang nyaris terjun ke jurang.

Edi Irawan, seorang saksi mata, mengungkapkan bahwa peristiwa itu terjadi Kamis (29/2) sore, langsung di depan matanya saat pulang setelah mengantar sepeda motor ke pelanggannya di Sudi Moro, Pacitan.

“Jalur ini satu-satunya yang menghubungkan Kabupaten Pacitan, banyak dilewati kendaraan. Namun, medannya sangat ekstrem karena berada di puncak tertinggi Ngrayun, dikelilingi hutan pinus dan jurang dengan jalan setapak yang sempit,” jelas Edi.

Meskipun ada jalur alternatif melalui Nglorog, namun harus menempuh perjalanan yang jauh. Beruntung, sopir truk masih dapat menggunakan sinyal internet untuk meminta bantuan dari sesama rekannya saat menghadapi musibah. Solidaritas di antara para sopir terlihat kuat, di mana mereka saling membantu seperti saudara ketika ada yang mengalami kesulitan.

Tak lupa sopir juga membawa sekam, jika jalan yang dilalui sewaktu waktu licin. Dalam peristiwa itu butuh waktu 2 jam untuk mengevakuasi truk nyungsep. Untungnya sopir tidak mengalami luka sama sekali.