Musim Kemarau Berlangsung, Hasil Panen Sayur di Pudak Lebih Bagus

Musim kemarau membawa dampak positif untuk petani sayur mayur di kecamatan Pudak, pasalnya hasil panen sayur mayur lebih bagus dari pada  musim hujan. 


Seperti Diakui Irwan Santoso Kepala Desa Krisik Pudak, saat musim kemarau sistem pengairannya bisa diatur, sehingga konsumsi air sayur mayur tidak berlebihan.

“Itu kalau kebanyakan air itu kan bisa busuk, jadi di musim kemarau ini airnya kan bisa diatur, sehingga kualitasnya, hasil produksi sayurnya sangat bagus” katanya kepada gema surya (20/08).

Sementara itu saat musim kemarau seperti sekarang, harga sayur-mayur cenderung bagus, seperti sayur kol, daun brambang prey, wortel, kubis.

“Ada juga yang naik, ada juga yang standar ya, kalau di sini di tingkat petani yang harganya tinggi itu bawang pre, sudah tujuh ribu, wortel lima ribu,” jelasnya.

Selain itu petani pudak juga melakukan inovasi dengan menanam cabe keriting serta kentang, dimana menurutnya di Pudak ternyata juga cocok ditanami tanaman seperti itu,

“Alhamdulilah untuk saat ini petani pudak bisa berinovasi, kemaren cuma sayuran, termasuk wortel. Kobis, sawi, buncis, sekarang sudah merambah di lombok sudah mulai produksi, kentang juga sudah” jelasnya kepada gema surya.

Selain berinovasi, petani juga bekerjasama dengan salah satu perusahaan, Irwan mengungkap dengan begitu maka tanaman lebih variasi, agar saat panen raya harga sayur juga tidak anjlok.