Selama Sebulan BPBD Ikut Membantu Pemulasaraan 61 Jenazah Covid-19

Petugas pemulasaraan jenazah dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo dalam kurun waktu November hingga akhir Desember 2020 telah mengurusi jenazah yang terkonfirmasi positif maupun suspek covid-19 kurang lebih sebanyak 61 jenazah. Setyo budiono kabid kedaruratan dan logistik BPBD Ponorogo mengatakan pihaknya pernah dalam 2 jam mengurusi 3 jenazah covid-19. 


Saat ini 7 personil yang diterjunkan untuk pemulasaraan jenazah diklaim kurang, namun bukan sembarang relawan atau petugas pemulasaran jenazah yang bisa mengurusi tapi ada pelatihannya. Setyo Budiono mengaku ada beberapa Desa yang satgas penanganan covid-19 sudah tidak berfungsi saat mengurusi jenazah covid-19, sehingga pihaknya dan relawan harus membantu mengurusi jenazah covid-19 tersebut. 

Selain itu kadang harus bergesekan dengan masyarakat agar jenazah covid-19 tidak dimakamkan sesuai protol kesehatan namun setelah diberikan pemahaman oleh TNI Polri, akhirnya dimakamkan sesuai dengan protokol kesehatan. Disinggung mengenai ketersediaan APD, Setyo Budiono Menambahkan sebenarnya Untuk Alat pelindung diri (APD) di satgas Desa juga sudah ada, untuk APD petugas juga diklaim aman.