HeadlineJelajah

Longsor di Bungkal-Ngrayun, BPBD Turunkan Alat Berat Untuk Bersihkan Material Tanah dan Batu

Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Ponorogo menargetkan jalur Bungkal-Ngrayun, akan lancar kembali arus lalu lintasnya, hari ini Senin, 8 februari 2021. Ini setelah OPD yang dipimpin Imam Bashori tersebut menurunkan alat berat, untuk menyingkirkan material batu dan tanah yang sempat menutup separuh badan jalan di jalur Bungkal Ngrayun tepatnya di desa Pelem.

Seperti disampaikan Setyo Budiono, kabid kedaruratan dan logistik  BPBD, alat berat tersebut berupa mesin pemecah batu dan juga eskavator yang sudah standby dilokasi sejak pagi. Untuk itu, jalur tersebut diharapkan sudah dibuka total untuk pengguna jalan sore harinya, mengingat Ahad kemarin, sempat dibuka dengan sistem buka tutup.

Diakui jika hujan deras yang mengguyur kawasan Bungkal dan sekitarnya kemarin sempat membuat tanah longsor dan pohon tumbang. Tanah longsor juga membawa bongkahan batu yang cukup besar sehingga tidak bisa disingkirkan dengan cara manual. Polsek dan koramil sudah terjun ke lokasi untuk mengamankan jalur tersebut  agar tidak terjadi kasus kecelakaan termasuk mengatur arus lalu lintas dengan sistem buka tutup. Kemudian pihaknya yang menerima laporan selain cek lokasi kemarin, juga menurunkan alat berat.