Jelajah

Permintaan Meningkat, Harga Daging Ayam Potong Mulai Merangkak Naik

Kalangan emak-emak diharapkan untuk menjadi pintar dalam mengelola keuangan rumah tangga menghadapi lonjakan harga bahan pokok. Setelah cabai dan tomat, kini giliran harga daging ayam potong yang ikut meroket. Harga yang sebelumnya berada di angka Rp 28 ribu per kilogram, kini melonjak menjadi Rp31 ribu per kilogram.

Nungki, salah satu pedagang daging ayam potong, mengungkapkan kenaikan harga terjadi dalam tiga hari terakhir. Permintaan yang meningkat, terutama untuk acara rejeban menjadi salah satu faktor penentu kenaikan tersebut.

“Iya, memang ada kenaikan permintaan, banyak yang bikin masakan dengan lauk daging ayam untuk acara rejeban. Biasanya kami menjual sekitar 150 kg per hari, namun belakangan bisa habis 180 kg sehari ” ujar Nungki.

Meskipun mengakui ada kenaikan permintaan, Nungki tidak dapat memastikan apakah harga daging ayam akan terus mengalami kenaikan. Berdasarkan pengalamannya, dia memperkirakan harga daging ayam akan kembali tinggi menjelang dan awal bulan puasa, di mana permintaan tradisionalnya meningkat.

“Biasanya harganya akan tinggi lagi saat menjelang puasa.” tambahnya.