Jelajah

Ditengah Harga Melangit, Mempelai Pria Asal Sukorejo Berikan Mahar Beras 50 Kg

Harga beras yang melangit menjadi ide mahar pernikahan Irwan Sokip (28) dan Ikrima Zakiyah (26) saat Keduanya melakukan ijab Qabul yang  bertempat di Musholla keluarga Desa Grogol Sawoo, Rabu pagi 29 Februari 2024. Calon mempelai pria tersebut memberikan mas kawin berupa beras 50 Kg, emas 1,5 gram, uang 2,4 juta dan seperangkat alat sholat  kepada calon  mempelai wanitanya, uniknya saat ijab qobul si calon suami yang merupakan warga Bangurejo Sukorejo ini menggunakan bahasa arab. 

Meky Hasan kepala KUA Sawoo mengatakan pemberian mahar berupa beras ini diperbolehkan karena bermanfaat. Apalagi saat ini harga beras lumayan tinggi //selain itu juga sembako juga mulai merangkak naik 

“Kalau dalam islam itu sangat boleh ya, apalagi beras itu sesuatu yang sangat bermanfaat, jumlahnya juga 50Kg, karena dulu dalam sejarahnya cincin dari besi saja diperbolehkan, cincin dari besi bukan emas, apalagi beras yang 50KG tentu sangat bermanfaat” terangnya kepada wartawan Kamis (29/02).

Sementara itu Irwan Sokip pengantin pria mengatakan dirinya berinisiatif memberikan mahar beras 50 kilogram meskipun harganya lumayan tinggi, selain itu dari pihak istri juga setuju dengan mahar tersebut. 

“Karena ini harganya itukan tinggi, maka kami berinisiatif menggunakan mahar beras, dan pihak perempuan pun menyetujui apa yang saya berikan” terangnya kepada wartawan.  

Beras yang diperoleh tersebut pun kata irwan juga merupakan hasil panennya sendiri, dimana selain memberikan mahar beras, dirinya juga memberikan emas seberat 1,5 gram, uang 2,4 juta, dan perangkat sholat.