Jelajah

Pecinta Sambal Harap Bersabar: Harga Cabe Rawit Melonjak Tinggi

Berita kurang menggembirakan bagi para pecinta sambal. Harga cabe rawit kembali melonjak tinggi, bersamaan dengan kenaikan harga cabe merah besar dan tampar. Informasi ini disampaikan oleh Munif, salah satu pedagang grosir di pasar Sumoroto.

Menurut Munif, harga cabe rawit mencapai Rp 40 ribu per kilogram, mulai Selasa, 6 Februari. Sebelumnya, harga cabe rawit berada di kisaran Rp 32 ribu РRp 34 ribu rupiah per kilogram. Sementara itu, harga  cabe merah besar sudah tinggi sejak sepekan terakhir, mencapai Rp 75 ribu rupiah per kilogram.

Meskipun tidak diketahui pasti penyebab kenaikan harga cabe, Munif mencatat bahwa stok cabe rawit tidak banyak dan kualitasnya kurang memuaskan. Pedagang biasanya mendapatkan kiriman dari luar daerah, seperti Kediri, dan juga pasokan dari Kecamatan Sawoo.

Selain itu, selama sebulan terakhir, harga kebutuhan dapur yang sulit turun adalah tomat. Harga tomat masih bertahan di angka Rp 18 ribu per kilogram, namun barangnya seringkali kurang bagus. Tomat yang diterima oleh Munif cenderung memiliki warna yang pudar, ukurannya kecil, dan banyak yang terkena jamur.