Jelajah

Masa Uji Coba One Way Selama 3 bulan, Dishub Rencanakan Tambah Fasilitas Tombol Alarm Penyebrangan

Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Kabupaten Ponorogo tengah melakukan uji coba jalan searah di sejumlah ruas wilayah perkotaan. Masa uji coba ini dijadwalkan berlangsung selama 3 bulan, dimulai dari bulan Maret hingga Mei 2024. Hingga saat ini, Dishub terus melakukan evaluasi terhadap kebijakan uji coba one way tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Ponorogo, Wahyudi, mengungkapkan seluruh keluhan, permintaan, dan usulan masyarakat Ponorogo akan ditampung dan dibahas bersama Forum Lalu lintas Angkutan Jalan (FLLAJ).

Dalam upaya meningkatkan keamanan dan kelancaran lalu lintas, Dishub telah menyusun beberapa solusi yang siap diterapkan. Salah satunya adalah penambahan sarana dan prasarana, terutama di Jalan Sultan Agung. Solusi tersebut mencakup pemasangan speedbump, pengadaan pulau jalan, pemasangan tombol alarm penyebrangan jalan, dan pemasangan lampu traffic light.

Lebih lanjut, Wahyudi menyampaikan bahwa terdapat empat catatan yang perlu mendapatkan prioritas penanganan dalam penerapan uji coba one way. Catatan tersebut melibatkan kecepatan kendaraan, jalur alternatif yang menjadi sasaran, serta pembagian arus lalu lintas.

Titik kritis yang menjadi perhatian utama terletak di Jalan Sultan Agung, khususnya di simpang empat Okaz ke Jalan Thamrin dan di depan Masjid NU. Semua masalah tersebut masih dalam tahap pembahasan di FLLAJ dan hasilnya akan disampaikan kepada Bupati sebagai pengambil kebijakan.