Jelajah

Antisipasi Cikungunya Semakin Meluas, Dinkes Lakukan Fogging di Dukuh Trenceng Desa Mrican, Jenangan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ponorogo turun tangan untuk mengatasi serangan penyakit cikungunya di Dusun Trenceng, Desa Mrican, Kecamatan Jenangan. Pada Jumat (2/2) pagi, Dinkes yang dipimpin oleh Diyah Ayu Puspitaningarti melakukan langkah-langkah preventif untuk meminimalisir penyebaran penyakit tersebut.

Sufarchan, Kepala Puskesmas Setono menyatakan, pihaknya telah mengerahkan lima unit alat fogging untuk disemprotkan di setiap sudut rumah dan tempat sarang nyamuk. Upaya ini diharapkan dapat membunuh nyamuk dewasa, sementara untuk jentik-jentiknya akan dibasmi dengan Penyemprotan Sumber Nyamuk (PSN).

“Saat ini, kami fokus untuk mengatasi penyebaran cikungunya di Dusun Trenceng. Lima unit alat fogging sudah kami operasikan untuk menjangkau setiap area yang mungkin menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk,” ujar Sufarchan.

Tak hanya itu, Sufarchan juga mengimbau kepada masyarakat setempat untuk melaporkan dan segera melakukan pemeriksaan kesehatan apabila merasakan gejala cikungunya, seperti demam, nyeri sendi, dan pusing. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat penanganan kasus dan mencegah penularan lebih lanjut.

Menyikapi situasi ini, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan juga ikut berpartisipasi dengan mengorganisir kerja bakti di Dusun Trenceng, Desa Mrican Jenangan.  Hingga saat ini, terdapat sekitar 13 warga setempat yang terkonfirmasi positif terjangkit cikungunya.