Sambut Reaktivasi Jalur Kereta Api di Ponorogo DPRD Sahkan Perda RT/RW

Legislatif dan Eksekutif sepakat mengesahkan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Ponorogo 2023-2043. Dalam Perda tersebut terdapat sejumlah opsi jika suatu saat reaktivasi jalur kereta api Slahung-Madiun dilakukan. Perda  RT/RW tersebut diharapkan mengakomodir rencana Ditjen Perkeretaapian Kemenhub terkait reaktivasi jalur di wilayah kerja PT Daop 7 Madiun.


Sunarto Ketua DPRD Ponorogo mengatakan Ada empat opsi dalam perda RTRW 2023-2043 terkait reaktivasi jalur kereta api Slahung-Madiun. Keempat opsi telah dibahas bersama legislatif dan eksekutif. Opsi pertama, reaktivasi jalur yang selama ini mati antara Slahung-Madiun. Kedua, adanya perubahan jalur mulai Terminal Seloaji, Ponorogo ke kanan dan berakhir di Stasiun Slahung. Lanjut Sunarto Ketiga, jalur baru mulai Terminal Seloaji ke kiri hingga Stasiun Slahung. Serta opsi ke empat pembuatan jalur baru.

Sunarto tidak bisa memastikan kapan reaktivasi kereta Slahung-Madiun. Terpenting, menurutnya, skema-skema jalur rel itu telah tertata rapi di RT/RW 2023-2043. Pihaknya mengungkapkan RT/RW ini sebagai landasan dalam mengambil arah kebijakan mendatang.