Jelajah

Diperkirakan Pedagang Barat Stadion Akan Lama Jualan Ditaman Kota

Meskipun telah dibangun Panggung Ekonomi Kreatif (Ekraf) sebagai solusi bagi para pedagang di sekitar Barat Stadion untuk berjualan, pedagang tersebut kemungkinan besar masih lama menempati Taman Kota. Hal ini disampaikan  Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi (Disperdakum) Ponorogo, Ringga Dwi Heri Irawan, dengan alasan anggaran yang terbatas.

“Sebenarnya setelah dibangun, mereka bisa langsung dikembalikan lagi untuk berjualan di sekitar gedung Ekraf, tapi karena tak ada dana, maka masih tetap berjualan di Taman Kota,” ujar Ringga.

Pihaknya turut menyayangkan jika pedagang yang telah menahun mencari rezeki di barat stadion harus dipindah. Namun, demi kepentingan yang lebih besar, pihaknya siap melaksanakan perintah.

Relokasi puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) ke tempat baru ternyata tidaklah mudah, mengingat banyaknya pertimbangan yang harus dipenuhi. Keputusan untuk relokasi telah disepakati dalam rapat lintas sektoral, yang melibatkan Disperdakum, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) beberapa waktu lalu.

Hasilnya, per tanggal 1 Mei mendatang, seluruh PKL yang berjumlah 30 pedagang di sekitar Barat Stadion diharapkan telah angkat kaki secara mandiri untuk menempati sisi timur Taman Kota.