Jelajah

Terkendala Kesehatan, 4 Calon Jamaah Haji Ponorogo Terancam tak Berangkat

Sedikitnya 4 calon haji asal Kabupaten Ponorogo terancam tidak bisa diberangkatkan tahun ini, karena terkendala masalah kesehatan. Hal itu diketahui saat dilakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan.

Marjuni, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh kantor Kementerian Agama Kemenag Ponorogo mengakui, ada 4 jamaah haji belum dinyatakan istitho’ah. Hanya saja pihaknya tidak bersedia merinci identitas 4 calon haji yang tidak istitho’ah tersebut.

Yang pasti tidak istitho’ah karena kesehatannya, dimana rata-rata merupakan calon haji lanjut usia (lansia). Dalam pemeriksaan kesehatan, mayoritas 4 calon haji ini mengalami demensia.

Marjuni mengungkapkan, bahwa calon haji yang tidak istitho’ah masih berpotensi bertambah. Pasalnya dari jamaah calon haji asal Kabupaten Ponorogo yang berhak lunas ada 699 orang. Dimana terdiri dari jamaah calon haji urut porsi dan prioritas lansia sebanyak 513 jemaah. Sedangkan calon haji yang masuk cadangan ada 186 jemaah.

Sekedar informasi, untuk medical check up calon jamaah haji terakhir seminggu sebelum pelunasan Bipih pada tanggal 12 Februari 2024. (yd/rl/ab)