Jelajah

Perombakan OPD Pemkab Bappeda Litbang Diganti Jadi Baperida

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ditubuh Pemkab Ponorogo bakal dirombak. Sebagaimana penyampaian perubahan rancangan peraturan daerah (Raperda) 6/2016 dalam sidang paripurna di DPRD.

Agus Pramono Sekda Ponorogo mengatakan, pihaknya mengusulkan perubahan nomenklatur untuk dua OPD pada awal tahun ini. Dua OPD tersebut yakni Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) berubah menjadi Badan Perencanaan Riset dan Inovasi Daerah (Baperida) sehingga Ada tambahan satu bidang lagi, bidang inovasi daerah.

“Jadi menyeluruh, seluruh Indonesia juga seperti itu,” katanya ketika ditemui Rabu (24/1) siang. 

Bappeda Litbang berubah jadi Baperida. Selain itu, perubahan nomenklatur juga berlaku untuk BPBD Ponorogo. Agus Pramono bilang, selama ini status BPBD di bawah naungan pemerintah pusat. Kini berstatus dalam Raperda ini resmi tergabung dalam perangkat daerah sehingga statusnya dengan SKPD yang lain.

“Tidak ada perubahan hanya sekarang menginduk, menjadi satu SKPD sama dengan yang lainnya,” imbuhnya.

Agus Pramono memastikan perubahan nomenklatur dua OPD tidak mempengaruhi layanan. Tidak terkecuali bagi BPBD yang menjadi bertugas penanganan dan mitigasi kebencanaan. (yd/rl/ab)