Permintaan Perlengkapan dan Oleh-oleh Haji Meningkat 80 Persen

 


Musim haji tahun ini membawa berkah bagi para pengusaha perlengkapan dan oleh-oleh haji. Jumlah jamaah yang akan diberangkatkan lebih banyak dibanding tahun lalu dan memilih belanja di Ponorogo saja untuk kebutuhan ibadah ke tanah suci.

Seperti disampaikan Naning Sudibyo, salah satu pengusaha di Jalan Jaksa agung , peningkatan konsumen hingga 80 persen jika dibanding tahun sebelumnya. 

Mereka sudah memesan jauh hari sebelumnya dimana yang disasar perlengkapan haji seperti pakaian ihram, kacamata, topi haji, sepatu hingga pakaian dalam.

Adapun untuk oleh-oleh haji yang paling banyak permintaan, kurma, kacang arab, hingga aneka coklat Turki. Alasan mereka memilih belanja di Ponorogo saja, lantaran selama berada di tanah suci ingin fokus beribadah tak ingin ribet.

Sebelum puasa lalu, sudah banyak yang datang ke tokonya untuk memilih sendiri barang-barang yang diperlukan, lalu pesanan itu akan dikirimkan ke masing-masing rumah jamaah 10 hari sebelum kepulangan ke tanah air.

Diakui, pihaknya selaku pengusaha sempat mati suri saat dua tahun lalu tidak ada pemberangkatan haji dan umrah karena pandemi. Karenanya sekarang mulai bisa bergairah lagi apalagi kuota haji di Ponorogo juga ditambah.