HeadlineJelajah

Seluruh Surat Suara Pemilu 2024 Sudah Datang di Kabupaten Ponorogo

Persiapan pemilu 2024 terus berjalan, saat ini seluruh surat suara yang dibutuhkan KPU Ponorogo telah tiba di Kabupaten Ponorogo. 5 jenis surat suara yakni Presiden-Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten telah lengkap sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan yakni 775.210 surat suara setiap kategori. Hal tersebut disampaikan oleh Munajat Ketua KPU Ponorogo. Semua surat suara datang secara bertahap, dan sebagian yang sudah datang, sudah dilakukan proses pelipatan.

Sejauh ini tidak ada kendala dalam proses pelipatan, hal ini karena pihaknya sudah memilih orang yang berpengalaman dalam melipat surat suara. Proses pelipatan sampai saat ini masih dikebut, sesuai target setiap kategori harus selesai dalam 7 hari namun dalam proses yang berjalan ada beberapa kategori surat suara yang selesai dilipat dalam 3 hari saja. Contohnya adalah DPD.

Diakui memang ditemukan beberapa surat suara yang rusak dengan berbagai jenis kerusakan namun hingga hari ini, lanjut Munajat belum ditemukan surat suara yang tercoblos atau berlubang. Rata-rata kerusakan lantaran ketumpahan tinta dan kelebihan cetakan. Disinggung untuk perlengkapan pemilu lainya memang ada yang belum datang, diantaranya formulir-formulir.