Jelajah

Dinkes Sasar 80.206 Anak Usia 0-7 Tahun Untuk Vaksin Polio

Munculnya dua kasus polio di Kabupaten Pamekasan, membuat pemerintah Provinsi Jawa Timur menetapkan sebagai kejadian luar biasa.hal tersebut, dinas kesehatan Ponorogo akan memberikan antibodi kepada 80.206 anak usia 0-7 tahun dengan vaksin oral polio vaccine type 2 (nOPV2).

Seperti disampaikan Dyah Ayu Puspitaningarti Kepala Dinkes Kabupaten Ponorogo Ahad (14/01),  jika pemberian antibodi untuk lumpuh layu tersebut akan dimulai pada 15 hingga 21 Januari untuk putaran pertama dan akan dilanjutkan putaran kedua pada 19 Februari, menurutnya target  secara program  95%, namun  pihaknya Ingin 100% atau tercover semua.

Menurut Dyah meski saat ini Jawa Timur berstatus KLB, tapi pihaknya memastikan jika hingga saat ini Kabupaten Ponorogo belum ditemukan kasus lumpuh layu pada pada anak, hal ini  dibuktikan dengan hasil spesimen yang dinyatakan negative. Pihaknya juga mengungkapkan  jika nantinya pemberian vaksin Polio akan dilakukan serentak baik melalui fasilitas kesehatan maupun bekerjasama dengan dinas pendidikan dan kemenag.