HeadlineJelajah

Harga Telur Ayam Anjlok, Peternak Akan Dapat Bantuan Subsidi Jagung

Kalangan peternak ayam petelur di Ponorogo nyicil ayem. Bagaimana tidak disaat harga telur yang anjlok, mereka dijanjikan segera mendapatkan bantuan subsidi jagung untuk pakan ternak. Eny Kustianingsih, Ketua perkumpulan peternak ayam petelur Ponorogo mengungkapkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi Jatim dimana bantuan tersebut akan segera turun. Pekan lalu, 50 peternak di Ponorogo sudah mengajukan proposal. Kuat prediksi pekan depan sudah bisa realisasikan.  

Secara Teknis, masih kata Eny, jika bantuan jagung subsidi tersebut cair, penyaluran melalui Bulog. Peternak membeli jagung tersebut dengan harga sekitar Rp 5000,-/kg. Jumlah jagung subsidi yang boleh di beli peternak harus sesuai dengan populasi ternak yang dipelihara. Setiap peternak terbuka lebar untuk mengakses bantuan tersebut asal ada kuota dari pemerintah melalui Asosiasi Peternak masing-masing wilayah.

Eny menambahkan, subsidi jagung ini sudah pernah ditawarkan tahun-tahun sebelumnya namun saat itu para peternak belum sepakat mengakses. Hal ini lantaran saat itu, harga jagung di petani lokal masih terjangkau. Kini di 2024, harga jagung petani sudah melambung tinggi tembus Rp 8000,-. Ditambah lagi harga telur sudah beberapa pekan anjlok di bawah HPP. Diakui anjloknya harga telur ayam membuat peternak menangis. Bagaimana tidak, jika hasil produksi tidak sesuai dengan biaya pakan.