Jelajah

Hari Sampah Nasional, DLH Ponorogo Bersihkan Tanaman Liar di Wengker Park

Hari peduli sampah Nasional yang diperingati setiap 21 Februari diperingati Pemkab Ponorogo dengan bersih-bersih sampah di wengker park, diawali dari karyawan di Dinas Lingkungan hidup yang diterjunkan untuk menjadikan ruang terbuka hijau tersebut nyaman bersih dan enak dipandang. 

“Kegiatanya anu, dari internal kita, dimana memang harapan kita wengker itu salah satu taman wisata kota yang mampu memberikan kontribusi kepada kabupaten ponorogo” kata Gulang winarno Kepala DLH Ponorogo kepada Gema surya Kamis (22/02).

Menurut Gulang sebenarnya tidak banyak sampah plastik yang ditemukan di taman wengker, namun justru tanaman liar yang merambat, karenanya harus dibersihkan agar terlihat lebih indah tidak kumuh apalagi disaat musim penghujan ini. 

“Ya kemarin itu terkait banyaknya tanaman yang liar itu yang disebelah pagar menuju perusahaan triplek atau apa itu, kita bersama-sama membersihkan itu” jelasnya.

Setelah bersih-bersih wengker park, pihaknya akan melakukan sosialisasi terkait penanganan bank sampah ke kelompok masyarakat, selain itu juga ikut menggerakan semua ASN di lingkungan Pemkab Ponorogo untuk ikut gerakan bersih bersih di lingkungannya masing masing. 

“Di lain pihak anu, kita juga sampaikan sosialisasi terkait penanganan sampah dan tentu ada beberapa OPD nanti, juga desa-desa kita optimalkan, bank sampah yang ada di Ponorogo, kita beri pembekalan” tambahnya.

Wengker park sendiri selama ini dikenal sebagai taman jujugan warga karena memiliki berbagai jenis pohon langka dan bisa digunakan sebagai rest area di jalur Ponorogo Madiun, sehingga ia berharap wengker park benar-benar mampu berkontribusi dan untuk bisa dinikmati semua warga.