Jelajah

Pemkab Bersama Dengan PLN UP3 Ponorogo, Bekerjasama Program Agriculture Bundling Package

Pemkab bersama dengan PLN UP3 Ponorogo, bekerjasama guna membuat Program Agriculture Bundling Package penyambungan listrik pompanisasi persawahan, atau dikenal dengan sebutan listrik masuk sawah.

Saat ini program tersebut sudah terpasang di 10 titik yang tersebar di seluruh Ponorogo, salah satunya ada di Desa Ngampel, Kecamatan Balong. Seperti  dikatakan Nuzulul Panca  Manager PLN ULP BALONG, saat ini di persawahan Ngampel sudah ada 23 pelanggan yang sudah melakukan penyambungan listrik pompanisasi persawahan.

Menurutnya jika ada petani yang ingin pasang harus melalui Gapoktan. Kemudian pihaknya akan melakukan verifikasi dulu, baik lokasi maupun jumlah yang mengajukan.

Pihaknya berharap dengan pompa bertenaga listrik ini tentu menghemat biaya dan meningkatkan produksi. Hadirnya listrik masuk sawah ini, diyakini dapat lebih meningkatkan produktivitas pertanian di Ponorogo.

Sementara itu Kades Ngampel Siswanto menyambut positif dengan adanya program tersebut. Para petani, bisa menekan biaya produksi khususnya untuk pengairan dalam penggunaan BBM, mengingat harga BBM juga lumayan mahal.