Alokasi Belum Turun, 50 Ribu Warga yang Dijadwalkan Vaksinasi Dosis Kedua Minggu Ini, Diundur

Puluhan ribu warga yang harusnya memperoleh vaksinasi dosis kedua dalam minggu ini terpaksa harus sabar menunggu. Ini setelah jatah alokasi vaksin dari pusat belum juga turun. Seperti disampaikan drg. Heny Lastari, Kabid Pencegahan dan Pengendalian penyakit Dinas Kesehatan, pihaknya sudah berkirim surat ke kementerian kesehatan namun belum ada tindak lanjut.


Padahal sesuai data, ada 50 ribu warga Ponorogo yang sudah memperoleh vaksin dosis pertama awal bulan lalu, dijadwalkan divaksin dosis kedua, minggu ini. Sehingga jika sampai hari ini belum ada kiriman vaksin, dipastikan mundur dari yang direncanakan. Kendati begitu, mereka yang telah menerima dosis pertama, dan waktunya divaksin lagi, tak perlu kawatir.

Meski idealnya interval dosis pertama dan kedua, 29 hari, namun masih ada toleransi jika terjadi keterlambatan hingga 2 pekan mendatang. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan akan mempengaruhi keefektifan vaksin yang pertama. Dijelaskan jika kasus keterlambatan alokasi vaksin, tidak hanya terjadi di Ponorogo saja melainkan nasional. Hanya 15 daerah di Provinsi Jawa Timur yang kabarnya mendapat prioritas karena kasus aktif covid 19 tinggi.