Jelajah

Petani Bareng Diprediksi Rugi Ratusan Juta Rupiah Kecamatan Pudak Ajukan Bantuan ke Pemkab

Forum pimpinan kecamatan (Forpimka) Pudak langsung turun tangan pasca kejadian longsor di Dukuh Kendal, Desa Bareng, Pudak Ponorogo.

Camat Pudak Suwadi menyampaikan, bersama Polsek, Koramil, dan pihak-pihak terkait melakukan cek ke lokasi untuk mengetahui langsung bencana longsor yang menimpa lahan pertanian seluas 7.000 meter persegi itu.

“Sebelum bantuan ini kami mohonkan kepada pihak terkait, yang terpenting bagi kami adalah melakukan identifikasi terlebih dahulu di lapangan. Terkait bencana longsor yang ada di Dukuh Kendal Desa Bareng, Pudak” sambungnya.  

Setelah dilakukan identifikasi ada 9 petani yang terdampak longsor dimana mereka menanami lahan seluas itu dengan berbagai macam jenis tanaman baik cengkeh, palawija, sayuran, pohon durian, hingga rumput gajah untuk pakan ternak.

Adapun untuk kerugian, ditaksir Rp50 juta untuk tanaman yang terkena longsor saja, namun jika dihitung lahan pertaniannya jelas mencapai ratusan juta rupiah.

“Semua kejadian ini sudah kami rangkum dan sudah kami laporkan ke BPBD Kabupaten Ponorogo,” terangnya. 

Pihaknya akan mengusulkan ke bupati, agar mereka yang terdampak bisa mendapatkan bantuan. Sebenarnya sudah ada upaya evakuasi juga untuk rumah rumah yang terdampak. Tapi setelah dicek, jaraknya masih jauh sekitar 300 meter.

Selain tanah longsor, ditemukan retakan tanah disekitarnya yang juga berpotensi menyebabkan longsoran. (rl/ab)