8 Ruas Jalan Perkotaan di Ponorogo akan Aspal Ulang

Jalan di perkotaan Ponorogo akan segera mulus kembali tahun ini. Setidaknya sejumlah ruas jalan ditargetkan dilakukan aspal ulang yakni Jalan Gajah Mada, Urip Sumoharjo, Ahmad Dahlan hingga Sultan Agung. Selain itu Pemkab juga akan memperbaiki 14 titik ruas lainnya yang rusak.


“Aspal ini sedang kita ajukan di Inpres jalan daerah, ini kan berbeda dengan face off jalan trotoarnya. Ini kan Pemerintah Pusat Pak Presiden ini kan lagi membuat kebijakan baru Inpres daerah,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Ponorogo, Jamus Kunto Purnomo, Senin (24/7). 

Jamus bilang ada anggaran Rp114 miliar yang disiapkan untuk merealisasikan perbaikan jalan tersebut.

Anggaran ratusan miliar tersebut hasil bantuan dari Pemerintah Pusat sesuai Instruksi Presiden (Inpres) 3/2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Sebenarnya pihaknya sempat mengusulkan alokasi Rp160 miliar dalam 14 ruas jalan diperbaiki, namun tidak semua disetujui.

Jamus mengungkapkan, mayoritas usulan perbaikan berada di ruas pusat kota Ponorogo, seperti Jalan  KH Ahmad Dahlan, Ahmad Yani, Basuki Rahmad, Jalan Ir. H Juanda, hingga Sultan Agung. Ditargetkan pekerjaan tersebut selesai akhir tahun ini. (yd/ab)