Excavator Rusak, Sampah di TPS Menumpuk, DLH Pinjam Lagi Excavator Lagi

Untuk kali kedua excavator di Tempat pembuangan akhir (TPA) Mrican Jenangan kembali rusak, kerusakan alat berat itu akibat overheat di hari Jumat lalu (18/08). Akibatnya sampah di TPS menumpuk sementara waktu.


Seperti yang disampaikan Gulang winarno Kepala Dinas Lingkungan hidup dimana kerusakan ini merupakan kejadian ke dua kalinya, sehingga pihaknya harus menyewa lagi alat tersebut agar agar aktifitas di TPA bisa berjalan. 

“Rusak lagi excavatornya itu sejak jumat sore, jumat sore itu overheat ya, panas yang terlalu itu terus akhirnya rusak lagi, ini kerusakan yang ke dua” katanya kepada gema surya Ahad (20/08). 

Meski begitu untuk menyewa excavator sempat kesulitan, karena saat ini banyak pekerjaan proyek yang sudah berjalan sehingga jasa sewa excavator banyak yang sudah digunakan. Beruntung Sabtu malam (19/08) kata Gulang , pihaknya memperoleh pinjaman alat berat sehingga pada Ahad dini hari (20.08) excavator pinjaman tersebut mulai dioperasikan.

“Mungkin ada empat atau lima tempat tidak bisa karena sudah dalam pekerjaan semuanya, ini keenam orang atau pengusaha kita tembusi ternyata bisa” imbuhnya.

Pihaknya pun sudah meminta pengemudi dump truck mulai mengambil sampah di TPS sehingga diharapkan penumpukan sampah di TPS berangsur-angsur terangkut.

 

Sementara untuk menyewa alat berat dalam sehari pihaknya harus mengeluarkan biaya Rp.1000.000 lebih, menurutnya pihaknya tidak tahu perbaikan alat beratnya membutuhkan waktu beberapa hari.