Tanyakan Kasus Dugaan Pungli Buka Segel Tanah, Warga Sawo Geruduk Kejaksaan Negeri

Kantor Kejaksaan Negeri Ponorogo digeruduk massa pada Kamis 20 Juli 2023. Ratusan warga dari Desa Sawoo Kecamatan Sawoo mengendarai 3 truck mendatangi kantor yang berada di Jalan Mt Haryono tersebut. Mereka menanyakan kelanjutan kasus dugaan pungli untuk surat buka segel. Pasalnya hingga kini kasus dugaan pungli tersebut dinilai para pengunjuk rasa masih lelet. Dengan membawa berbagai poster dengan tulisan yakni ” “Ndang sat set pak jaksa” “ stop Pungli bersih bersih Desa manut podo umume ”.


Abdul Mukti salah satu warga yang ikut aksi mengatakan pihaknya mempertanyakan kelanjutan kasus tersebut. Padahal kasus tersebut sudah ditangani kejaksaan negeri selama 7 bulan. Seolah-olah kasus tersebut berhenti dan terkesan hanya buat permainan kejaksaan. Padahal pihaknya juga menyerahkan surat buka segel untuk PTSL, surat pernyataan uang yang ditarik untuk buka segel dugaan mengalirnya ke siapanya juga diserahkan kejaksaan. Menurutnya saksi dari warga yang sudah dipanggil yakni sekitar 43 orang.

Sementara itu Rindang Onasis Kepala Kejaksaan Negeri sesuai menemui peserta aksi unjuk rasa mengatakan saat ini pun proses penyidikan kasus tersebut masih berjalan. Rindang pun mengakui kekurangan tenaga penyidik untuk menuntaskan kasus tersebut. Sementara itu, pihaknya juga membantah adanya dugaan permainan uang untuk orang kejaksaan. Perpindahan pejabat kejaksaan yang menangani kasus tersebut merupakan mutasi reguler jadi tidak ada hubungan kasus tersebut. Pihaknya membuka ruangan jika ada oknum kejaksaan yang bermain kasus tersebut segera dilaporkan.