Jelajah

Longsor di Dukuh Gondang Banaran Tutup Akses Jalan Antar Dukuh

Longsor kembali terjadi di kawasan Desa Banaran tepatnya di Dukuh Gondangsari tepatnya RT 02 RW 01 dengan luas longsoran 6 meter dan tinggi 15 meter. Seperti disampaikan Agung Prasetyo kabid kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo dimana kejadian ini terjadi pada Jum’at (27/04)

“Ya benar (terjadi longsor) pada hari jumat kemarin tanggal 26 April 2024” katanya saat dikonfirmasi gema surya.

Menurut Agung, longsor disebabkan oleh intensitas hujan yang cukup tinggi dan disertai angin terjadi di wilayah banaran, dengan lokasi longsor yang sebenarnya sudah masuk di pemetaan yang dilakukannya pada 2021 lalu. 

“Sesuai dengan pemetaan kita kaji cepat pemetaan tahun 2021 itu ditempat yang sama sudah dikaji, sebetulnya memang  disana sudah ada pergerakan tanah, dan sudah konfirmasi dengan pihak desa untuk selalu waspada” jelasnya.

Hanya saja kata Agung, hingga saat ini tanah longsor belum bisa dievakuasi karena kondisi cuaca, menurutnya longsor tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun dampaknya menutup akses jalan utama di Dukuh Gondang Sari Desa Banaran sehingga agak menyulitkan kendaraan roda dua yang ingin mewalti. 

“Tidak ada korban jiwa, namun akses menuju jalan desa terhambat, namun demikian masih ada akses lain” pungkasnya.