Menyusut, Jumlah DPT Ponorogo untuk Pemilu 2024

Daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2024 telah ditetapkan yakni 758.688 orang. Jumlah tersebut mengalami penyusutan sekitar 968 orang dibanding daftar pemilih sementara (DPS) sebelumnya yang mencapai 759.654 orang.


Munajat Ketua KPU Ponorogo mengatakan, naik turun jumlah pemilih lumrah terjadi. Penurunan jumlah pemilih seperti data ganda hingga pemilih meninggal dunia ditemui petugas. Termasuk penambahan suara seperti warga luar daerah yang mengajukan pindah domisili ke Ponorogo. Menurutnya jika dibanding Pemilu 2019 lalu ada kenaikan DPT.

Munajat mengungkapkan, terdapat dua catatan dalam penetapan DPT. Di Kecamatan Sooko misalnya, terdapat calon pemilih yang ber-KTP Ponorogo namun dalam Kartu Keluarga (KK) tercatat meninggal dunia. Namun kata Munajat saat dikunjungi petugas, yang bersangkutan kedapatan bugar. Pihaknya melakukan pengecekan dan berkoordinasi dengan Dispendukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) untuk ditindaklanjuti.

Temuan lain di Kecamatan Sawoo, terdapat warga berdomisili Ponorogo namun memiliki data administrasi ganda yakni memiliki KK dan KTP Ponorogo, ternyata juga aktif sebagai penduduk Kabupaten Nganjuk. Sehingga kedua temuan tersebut masuk dalam kategori tidak memenuhi syarat.

Sedangkan disinggung yang belum masuk DPT, Munajat mengakui potensi tersebut bisa saja ditemukan mendatang. Mereka dapat menggunakan hak suara saat pencoblosan kelak, baik menggunakan A5 form pindah pilih maupun kartu identitas lainnya. (yd/rl)