Jelajah

Musim Hajatan, Harga Cabai Merah Besar Mulai Naik, Sedangkan Terong Anjlok

Akhir Agustus menandai masuknya musim hajatan di masyarakat, hal tersebut berdampak juga pada harga-harga bahan makanan, juga bumbu dapur yang mengalami kenaikan, dimana salah satu bumbu dapur yang dikabarkan mengalami kenaikan yakni cabai merah besar. 

Seperti disampaikan Pak Munif, salah satu pedagang di pasar sumoroto, dimana harga cabai merah saat ini mengalami kenaikan. 

“cabai merah besar tinggi mbak, ya manten itu, banyak orang hajatan, kalau masak kan suka yang merah-merah itu” katanya kepada gema surya Ahad (27/08)

Saat ini harga cabai merah besar di pasar sumoroto berkisar Rp.46.000 per kilogramnya, dari yang sebelumnya Rp.44.000. Namun begitu untuk cabai rawit harganya stabil berkisar Rp.30.000 sampai Rp.34.000 per kilogramnya. 

Lebih lanjut dikatakan untuk tomat juga mulai turun ,dimana harganya antara Rp.5000 hingga Rp.6000 per kilogram, yang anjlok adalah harga terong di bawah Rp.5000 per kilogram nya, karena selain murah, saat ini terong juga kurang diminati konsumen, bahkan dari pengalamanya, pernah terlanjur kulakan 15 kg, namun dalam sehari hanya laku satu kg saja. 

Selain banyaknya orang mantu, juga banyaknya acara Agustusan menyebabkan bakul obrok sayur berkurang, sehingga konsumsi terong di tengah masyarakat juga berdampak, padahal saat harga terong mahal bisa diatas 7 ribu rupiah per kilogram nyanya.