SMK PGRI 1 Ponorogo Siap Olah Porang Jadi Bakso, Ini Cerita nya

 


Di tangan para pelajar SMK PGRI 1 Ponorogo, porang bisa menjadi makanan enak. Sekolah yang berada di jalan Irawan itu, siap memproses tanaman jenis umbi-umbian itu untuk diolah menjadi bakso.

Kepala SMK PGRI 1, H. Djemito Mpdi mengatakan, dengan porang diolah menjadi bakso nilai jualnya bisa lebih. Menurutnya berawal dari para siswanya yang magang di Jepang, ternyata di negeri Sakura itu porang sudah dijadikan makanan pokok pengganti beras.

Bahkan beras dari porang menjadi pilihan pertama karena menyehatkan.dari situlah pihaknya berpikir untuk bisa mengembangkan di Ponorogo. Ternyata setelah dikoordinasikan dengan UMKM sudah ada di Pulung, bakso porang. Karenanya mengirimkan para siswanya ke salah satu pengusaha bakso porang pulung untuk mengembangkannya. 

Kebetulan kelas 10 sedang mengimplementasikan kurikulum merdeka. Saat ini pembuatan bakso porang sedang dalam proses dan harapannya dapat berhasil.

Selain porang, para pelajar SMK PGRI 1 Ponorogo juga mengolah berbagai macam ikan untuk dibuat steak. Hasilnya luar biasa, ternyata selain enak juga menyehatkan. Lanjut Djemito, dengan bisa membuat kreasi berbagai makanan dengan bahan baku mudah, murah dan menyehatkan, diharapkan menjadi potensi usaha baru untuk membuka lapangan pekerjaan.