Jelajah

Pemkab Ponorogo Pasang Target Tinggi di PAD Tahun 2024 Angkanya Mencapai 1 Triliun

Pemerintahan Bupati Sugiri Sancoko, berani pasang target tinggi dalam pemenuhan pendapatan asli daerah (PAD) tahun depan. Angkanya tak main-main bisa mencapai Rp1 triliun, atau naik lebih dari 3 kali lipat dari target PAD sebelumnya.

“Memang semua bukan tanpa rencana, bukan tanpa ilmu, semua ada ilmunya. Maka yang kita canangkan insya allah akan jadi kenyataan,” kata Sugiri Sancoko, Bupati Ponorogo Senin (7/8). 

Bupati Sugiri Sancoko mengatakan, PAD sebelumnya mencapai Rp310 miliar. Pihaknya optimis target tersebut akan terpenuhi karena banyak potensi-potensi yang akan dioptimalkan, yakni, telaga Ngebel, pasar legi, monumen reog, dan museum peradaban (MRMP), hingga RS Kauman.

Kang Giri bilang, saat ini realisasi PAD Pemkab Ponorogo berkutat sekitar 13 persen dari total jumlah APBD Rp2,2 triliun. Jumlah tersebut diakuinya membuat Pemkab tak dapat berbuat banyak dalam inovasi kebijakan.

Pasalnya dana transfer pemerintah pusat saat ini mulai dirinci peruntukannya. Sehingga mau tak mau peningkatan PAD tersebut mutlak dilakukan pembangunan tuntas. (yd/ab)