Koper Overload Jamaah Haji Harus Dibongkar

Pengumpulan tas koper milik jamaah haji  di Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Ponorogo, Jumat (26/5) diwarnai dengan bongkar isi koper. Pasalnya ada beberapa jamaah yang membawa barang bawaan melebihi kapasitas.


Dari pantauan Jurnalis RGS FM masih ada koper jamaah haji yang overload muatan dari yang seharusnya 20 KG, sehingga isinnya harus dikurangi.

Seperti yang dialami Asid warga Kelurahan Kertosari Babadan, koper milik bapaknya isinya yakni 22,5 kg, sehingga barang-barang harus dikeluarkan. Pasalnya dirinya saat akan berangkat tidak menimbang koper tersebut jadi tidak tahu kalau isi kopernya melebihi mencapai kapasitas.

Asid harus mengeluarkan pakaian, susu dan madu. Hanya saja barang-barang tersebut akan dipindah ke koper yang lebih kecil. Isi dalam koper tersebut merupakan kebutuhanya selama 40 hari saat menjalankan ibadah haji

Sementara itu Kasi Penyelanggara Haji dan Umroh Kemenag, Marjuni mengatakan, sebenarnya pihaknya sudah memberikan sosialisasi batas maksimal isi muatan koper yakni 20 kg. Bukan mereka tidak paham terkait sosialisasi tersebut hanya saja mereka tidak menimbang isi koper saat dirumah

Koper para jamaah tersebut akan dikirim ke Surabaya lima jam sebelum jamaah haji masuk Embarkasi Juanda. Nantinya koper jamaah akan dilakukan penimbangan lagi.