Kades Glinggang Sampung Maju Bertarung Dalam Pileg 2024, Ini Alasannya

Diantara 2 Kepala Desa (Kades) aktif di Ponorogo yang menyerahkan berkas Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) KPUD Ponorogo salah satunya yakni Riyanto Kades Glinggang Sampung.


Kepada RGS FM,  Riyanto  mengatakan dirinya akan mencoba peruntungan pada Pemilu 2024 dari Dapil 6 Ponorogo, Sampung, Kauman, Sukorejo), dirinya maju dari PDI Perjuangan. Pasalnya di dapil 6 selama 2 kali pemilu, PDI P tidak ada perwakilan DPRD Ponorogo, alasan yang paling mendasar ikut dalam  pilihan legislatif  karena  didorong oleh tokoh masyarakat

Lanjut Riyanto, dirinya secara aturan tidak bisa maju lagi menjadi Kades pasalnya sudah menjabat 3 periode. Dirinya sudah mengajukan surat pengunduran diri sebagai Kades untuk syarat Bacaleg ke KPU. Surat pengunduran diri telah diajukan sejak Maret 2023 dan telah diketahui oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), sehingga kini pihaknya tinggal menunggu surat keputusan pemberhentian dari Bupati Sugiri Sancoko.

Sementara untuk jabatannya Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) jika SK pemberhentian dari bupati maka akan diserahkan kepada Wakil Ketua PAPDESI, Kades Bringanan Jambon.

Sementara kades aktif lainya yang mecalonkan diri sebagai Bacaleg yakni Kades Bekare Bungkal