HeadlineJelajah

Tolak Pembahasan RUU Omnibuslaw Kesehatan , Nakes Berbagai Organisasi Profesi Bagikan Bunga Ke Pasien RSUD

Para tenaga kesehatan (nakes) dari berbagai organisasi profesi membagikan ratusan bunga terhadap pasien  di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Harjono Ponorogo  Senin 8 mei 2023 .  Langkah itu dilakukan   sebagai bentuk keprihatinan  dengan masih dibahasnya rancangan undang-undang (RUU) Omnibuslaw Kesehatan . dr. Kautsar Prastudia, Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ponorogo mengatakan pihaknya menolak rancangan undang-undang (RUU) Omnibuslaw Kesehatan .

Dokter spesialis anak itu,  mengungkap salah satu isi RUU Kesehatan yang sedang dibahas itu, yakni penghilangan organisasi profesi kesehatan .  Padahal, adanya organisasi profesi kesehatan itu sangat penting karena bisa menjaga kualitas, kredibilitas dan profesional tenaga nakes tersebut .

Menurutnya jika RUU tersebut disahkan maka masyarakat juga dirugikan .  Bisa saja masyarakat dilayani oleh dokter atau nakes yang lainya yang tidak kompetensi .  Dirinya atas nama seluruh organisasi profesi kesehatan meminta menghentikan atau menolak pembahasan RUU Omnibuslaw Kesehatan .  dr kautsar menyebut sebagai RUU itu merupakan  sapu jagad dimana  undang- nantinya akan mencabut undang-undang kesehatan yang sudah ada sebelumnya .

Padahal undang-undang kesehatan yang ada saat ini sudah bagus . Selain membagikan bunga ke pasien, perwakilan dari organisasi profesi nakes, mulai dari IDI, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) juga melakukan doa bersama kepada rekam sejawatnya yang juga berjuang di Jakarta untuk menolak pembahasan RUU Kesehatan .

Pihaknya juga menggelar doa bersama untuk keselamatan rekan sejawat yang saat ini juga berjuang ke Jakarta untuk menolak RUU Kesehatan .  Ada beberapa perwakilan dari IDI Ponorogo yang berangkat ke Jakarta .