Nama dan Foto Dipakai Akun Palsu di Medsos untuk Tipu-tipu Mahasiswi Asal MT Haryono Lapor Polisi

Hati-hati mengirim data diri, meski bertujuan untuk melamar pekerjaan. Bisa jadi KTP maupun KK yang dikirim disalah gunakan untuk aksi penipuan oknum tak bertanggung jawab. Seperti dialami Clarisa, warga MT Haryono Ponorogo, dimana penipu memakai identitas dirinya dari foto, nama, dan fotokopi KTP-nya baik untuk Facebook, Instagram, maupun profil WA.


Akun yang mengatasnamakan dirinya tersebut, dipakai untuk jual beli online palsu. Kepada Gema Surya, Clarisa mengaku sudah ada beberapa korban yang melapor terlanjur transfer uang sementara iPhone yang dibeli tak kunjung dikirimkan. Ada beberapa akun FB dan Instagram milik pelaku menggunakan nama dan fotonya.

Rata-rata korban mengirim uang Rp400 ribu hingga Rp1 juta karena produk  iPhone yang ditawarkan di akun palsu tersebut murah. Karena tak ingin ada korban terus berjatuhan, akhirnya melaporkan kasus tersebut ke Polisi.

Diakui pada September lalu, pernah mencari info lowongan pekerjaan di Instagram.

Saya itu kecantol sama salah satu lowker yang ada di jalan sinduro, kemudian bertanya persyaratan apa aja yang diperlukan. Kemudian dijawab silahkan foto KTP, KK, sama kirim pas foto,” terangnya. 

Kemudian dia kirim identitas dirinya dari KK dan KTP serta foto. Ironisnya hingga tahun ini tak ada jawaban apapun dari perusahaan yang dilamar tersebut, dan tiba-tiba identitasnya sudah dipakai untuk aksi penipuan. (rl/ab)