HeadlineJelajah

COD – an Petasan di Tulung Sampung Ponorogo, Pelajar Asal kediri Ditangkap Polisi

Pelajar asal Kediri, AS (17) diamankan Satreskrim Polres Ponorogo usai kedapatan menjual 20 kilogram bubuk petasan di desa Tulung Kecamatan Sampung. Pelajar kelas 2 SMA itu pun tidak berkutik saat diamankan petugas.

AKBP Catur Cahyono Wibowo Kapolres Ponorogo mengatakan,  penangkapan pelaku dilakukan tanggal 17 Maret 2023 lalu di Desa Tulung, Kecamatan Sampung ketika pelaku mau COD-an dengan pembeli. Pelaku menjual bubuk petasan Rp 170 ribu per kilogram.

Setelah adanya informasi, pihaknya menangkap pelaku yang mengendarai sepeda motor Vario plat AG. Masih kata AKBP Catur, saat dilakukan penggeledahan, ternyata di dalamnya ada 2 tas berisi 20 Kg bubuk petasan, masing-masing tas berisi 10 kilogram bubuk petasan.

Dari hasil penangkapan dikembangkan, di rumah pelaku didapatkan 5 kilogram dan juga ditemukan booster kelengkeng. AKBP Catur Cahyono Wibowo mengungkapkan pelaku ternyata sebelum menjual bahan peledak di Ponorogo juga pernah bertransaksi di Tulungagung.

Adapun  bahan didapat dari toko online kemudian dia racik dan dijual. Pelaku dijerat pasal 1 ayat 1 undang-undang darurat 12 nomor 51 ancaman hukuman mati, seumur hidup dan hukuman penjara 20 tahun.