Jelajah

Tanah Retak di Dusun Jogorejo Klepu Sooko, Satu Rumah Sudah Dikosongkan

Sedikitnya satu rumah harus dikosongkan akibat tanah retak di  RT 02 RW 01 dusun Jogorejo desa Klepu Sooko. Satu rumah itu milik Siti Rukayah yang ditempati 4 anggota keluarga, namun kini harus ditinggalkan karena dinding tembok dan lantainya retak-retak dengan lebar sekitar 5 hingga 10 cm.

Kepala desa Klepu Sooko, Gimin menyampaikan yang bersangkutan dan anggota keluarganya sudah mengungsi ke rumah yang lebih aman yakni milik orang tuanya yang jaraknya sekitar 100 meter.

Warga sekitar bersama pemerintah desa, Polsek dan Koramil, sudah kerja bakti membantu menurunkan genting dan kayu, agar jika nantinya roboh, material bangunan tersebut masih bisa dipergunakan.

Selain satu rumah yang sudah dikosongkan, 3 rumah lainnya juga terancam bernasib sama. Tapi mereka masih bertahan dan hanya saat hujan deras saja bersedia mengungsi ke rumah tetangga yang dinilai lebih aman.

Diakui jika tanah retak di wilayahnya sebenarnya sudah lama ada tanda-tanda, yakni adanya retakan memanjang sekitar 150 meter. Retakan itu akibat adanya pergerakan tanah di wilayahnya, sehingga juga menyebabkan tanah ambles. Pihaknya sudah melaporkan musibah tersebut ke kecamatan serta BPBD Ponorogo.