Penemuan Benda Kuno di Desa Mlarak, Masih Menunggu Penelitian Tim Cagar Budaya

Penemuan barang-barang kuno bikin heboh warga RT 01 RW 01 dukuh Krajan desa Mlarak Ponorogo. Benda yang diduga peninggalan purbakala itu berada di sungai kecil berupa batu-bata berukir super besar hingga gerabah  dan tempat air.


Kepala desa Mlarak, Boiran saat dikonfirmasi gema surya mengatakan, sebenarnya penemuan itu sudah setahun lalu oleh sarjana budaya Yogyakarta ke desanya. Tapi karena laporannya tidak detail belum ditindak lanjuti secara serius. Karenanya sarjana budaya yang juga warganya tersebut akhirnya ijin membawa pulang dua bata-bata berukir ke rumahnya.

Belakangan ini yang bersangkutan mengembalikan lagi kedua benda kuno tersebut ke tempatnya lantaran mengaku sering mendapatkan mimpi yang berkaitan dengan benda tersebut. Karenanya pihaknya akhirnya melapor ke kecamatan kemudian diteruskan ke dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga. 

Hingga kini apakah benda tersebut masuk sebagai benda purbakala masih  menunggu untuk diteliti dari tim cagar budaya Trowulan Mojokerto,. Untuk keamanan, Polsek sengaja memasang police line karena banyaknya warga yang ingin melihatnya. Dijelaskan, di sekitar desa Mlarak ini memang banyak ditemukan peninggalan kuno.