HeadlineJelajah

Berhasil Sisihkan Ratusan Pesaing, FNRP 2023 Masuk Top Ten Karisma Event Nasional (KEN)

Membanggakan, Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) masuk dalam Karisma Event Nasional (KEN) 2023. Bahkan Dari 110 even unggulan Se-Indonesia, Festival Reog meraih nilai tertinggi urutan kedua di tahun ini. Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edhi mengatakan sudah kali kedua FNRP masuk KEN, padahal untuk masuk dalam KEN 2023 tidaklah mudah. Saingannya ada 300 lebih event yang juga mengajukan diri agar bisa masuk dalam KEN 2023, yang diseleksi dan ditetapkan oleh kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ada 110 event se Indonesia.

Masih kata Judha, untuk Festival Reog berdasarkan penilaian tim kurator Kemenparekraf dengan penilaian sangat ketat. Sedangkan indikator penilaian diantaranya event, pemberdayaan seniman masyarakat, pelaku pariwisata dan dampak pariwisata. Menurutnya, saat penilaian dipaparkan bagaimana Festival Reog baik seni dan budaya, masyarakat, sinergi semua orang dan ekonomi. Dari 110 even unggulan se Indonesia, Festival Reog meraih nilai tertinggi urutan kedua.

Sekedar informasi dari Jawa Timur, ada 8 event yang masuk agenda KEN 2023. Yakni Jember Fashion Carnival, Festival Nasional Reog Ponorogo, Festival Gandrung Sewu Banyuwangi, East Java Fashion Harmoni, Festival Rujak Uleg Surabaya, Banyuwangi Ethno Carnival, Batu Street Food, dan Festival Musik Tradisional Rontek Pacitan.