HeadlineJelajah

808 PNS Di Ponorogo Pensiun , Pemkab Optimalkan SDM Yang Ada

Ratusan PNS  dilingkungan pemkab Ponorogo  pensiun  sejak tahun 2022 lalu . Dari  808 PNS  yang  purna tugas   didominasi  dari Dinas Pendidikan dan  Dinas kesehatan  mulai dari eselon 2  hingga staff . Andi susetyo kepala Badan kepegawaian pengembangan sumber daya manusia ( BKPSDM) mengatakan untuk memenuhi kekurangan yang ada harus  mengoptimalkan  sumber daya manusia ( SDM) yang ada .  Apalagi tahun ini juga tidak ada formasi CPNS .

Bahkan Formasi Pegawai Pemerintahan Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) juga tidak menambah SDM baru hanya merubah status dari honorer ke PPPK .  Lanjut Andi, beruntung Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan-RB RI) telah menerbitkan Peraturan Menpan-RB Nomor Nomor 7 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja Instansi Pemerintah dalam rangka Penyederhanaan Birokrasi .

Yang intinya  Perubahan pejabat struktural eselon 4 atau kasie menjadi fungsional di Organisasi perangkat daerah kecuali di kelurahan dan kecamatan . Sehingga dengan begitu untuk bentuk kegiatan bisa disebut tim kerja bisa lintas antar bidang bahkan antar OPD . Bila sebelum keluar Peraturan Menpan-RB Nomor Nomor 7 Tahun 2022 pekerjaan hanya dari bidang turun ke seksi , sehingga bisa menjadi salah satu solusi untuk kekurangan SDM yang ada .