HeadlineJelajah

Tahun Ini Pemkab Kembali Gelar Dua Pasar Malam, di Aloon-Aloon Dan Hos Cokro

Setelah 3 tahun vakum karena pandemi covid-19, Pemkab Ponorogo akhirnya kembali akan menggelar kegiatan pasar malam di bulan ramadhan dan idul fitri 1444 H. Pasar malam akan digelar di Alun-Alun Ponorogo. Sumarno PLT Kepala Badan perdagangan koperasi dan UMKM Ponorogo mengungkapkan, pasar malam tersebut akan digelar selama 14 hari Mulai tanggal 17 April hingga 30 April mendatang, menurutnya pada Rabu 29 Maret 2023 sudah dirapatkan dan sudah mendapat izin dari Bupati Sugiri Sancoko. 

Saat ini sudah ada delapan pemilik wahana permainan yang akan mengisi pasar malam, namun secara khusus Sumarno mengatakan bahwa para pemilik wahana tidak boleh membawa pedagang dari luar Ponorogo. Untuk pedagang diprioritaskan UMKM dari Ponorogo yakni setidaknya 246 pedagang. Disinggung soal Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang didapat dari retribusi serta sewa lapak di pasar malam tersebut. Sumarno belum bisa memastikan, pasalnya saat ini Dinas perdakum belum melakukan pendaftaran bagi para pedagang, namun sewa perlapak 185 ribu dengan luasan 3×3 meter dalam 2 pekan.

Selain di Alun Alun, Pemkab Ponorogo rencananya juga akan menggelar pasar malam di seputaran jalan HOS Cokroaminoto. Berbeda dengan Alun-Alun pasar malam yang di gelar di HOS Cokroaminoto berlangsung pada 5 hingga 19 April mendatang.