Daftar Haji Sekarang Bisa Jadi Berangkatnya 69 Tahun Lagi

Daftar tunggu atau waiting list keberangkatan haji di Ponorogo semakin panjang, bahkan sesuai data di Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Ponorogo jika daftar haji sekarang maka harus menunggu 69 tahun lagi untuk bisa diberangkatkan ke tanah suci.


Kasi Penyelanggara Haji dan Umroh, Tohari menuturkan, hingga Sabtu (14/1) calon jamaah haji Ponorogo yang masuk daftar tunggu mencapai 17.641 orang. Rinciannya 309 sudah pernah berhaji dan mendaftar lagi untuk kedua kali dan 17.332 belum pernah  ibadah ketanah suci. Semakin banyaknya umat muslim berniat melaksanakan rukun islam ke lima itu karena pendaftaran cukup mudah lewat aplikasi Siskohat. Maka warga yang daftar sekarang rencananya akan berangkat pada tahun 2092 nanti.

Lebih lanjut diungkapkan, tahun ini tidak ada lagi pembatasan usia maksimal 65 tahun seperti sebelumnya. Bahkan sudah ada  kesepakatan dari pemerintah Indonesia dan pemerintah Kerajaan Arab Saudi beberapa hari lalu. Sehingga calon jamaah haji yang berusia di atas 65 tahun yang gagal berangkat sebelumnya maka diperkirakan 2023 diprioritaskan untuk berhaji