HeadlineJelajah

340 Musibah Bencana Alam Di Tahun 2022 , Kerugian 1,7 M

Sepanjang tahun 2022 lalu ratusan bencana alam melanda wilayah Ponorogo .  Data di BPBD   ada 340 kejadian bencana  Terdiri dari 173 bencana tanah longsor, 99 banjir, 5 tanah gerak, 1 tanah amblas, 6 tanah retak, 47 angin kencang, 8 kebakaran, dan 1 kekeringan .  Jumlah tersebut bmeningkat drastis dibanding tahun sebelumnya dengan total 230 bencana alam .

Henry Indrawardhana Kalaksa BPBD Ponorogo mengungkapkan peningkatan bencana diakibatkan perubahan cuaca ekstrem yang memicu terjadinya bencana hidrometeorologi tahun lalu .  Tidak menutup kemungkinan bencana tersebut masih mengintai sepanjang tahun ini .  Pihaknya meminta masyarakat yang tinggal di wilayah bencana untuk waspada apabila sewaktu waktu terjadi bencana .

Lanjut henry, tahun 2023 pihaknya akan lebih meningkatkan mitigasi . Misalnya memberikan edukasi kebencanaan ke masyarakat yang tinggal di daerah potensi bencana alam .  Bahkan pihaknya akan mendatangi ke sekolah Sekolah untuk memberikan edukasi kebencanaan ke siswa .

Selain itu penanaman pohon akan kembali dilakukan .  Henry mengungkapkan Kerugian material yang ditimbulkan akibat bencana tersebut tembus Rp 1,7 miliar .