Tanaman Tembakau di Sendang Jambon Terendam, Petani Rugi Puluhan Juta Rupiah

Hujan deras yang terjadi pada jumat sore 21 oktober 2022 juga berdampak pada tanaman tembakau di desa Sendang Jambon .  Hujan yang tak kunjung reda sejak Jumat sore hingga malam mengakibatkan tanaman tembakau milik petani disana kebanjiran .


Totok salah satu petani di Sedang Jambon kepada gema surya mengatakan luas lahan tembakau miliknya yang terendam mencapai 35 persen , selain tembakau tanaman lain seperti kacang tanah dan jagung juga terendam/  sehingga berpotensi mati dan gagal panen.

Menurut Totok khusus tanaman tembakau sebenarnya masih bisa diselamatkan karena jika dibiarkan di pohon air akan kering dengan sendirinya , berbeda dengan kacang tanah yang jika terendam bisa mati sehingga tak bisa dipanen . Terendamnya tanaman tembakau ini membuat panen agak tertunda, harus menunggu air surut dan daunnya kering .

Selain itu kualitas tembakau juga menurun karena daun yang tergenang akan layu .  Kondisi ini mengakibatkan kerugian yang diderita bisa mencapai 20 juta rupiah mengingat daun yang belum dipetik merupakan daun atas yang secara kualitas paling bagus .

Totok menambahkan banjir di sendang jambon sudah sering terjadi dan menimpa petani tembakau di sana, sehingga ia berharap ada perhatian lebih dari pihak terkait mengingat jumlah petani tembakau di Sendang Jambon masih cukup banyak yakni sekitar 100 orang .