HeadlineJelajah

Tertimbun Longsor Dinding Rumah Milik Warga Wates Jenangan Ambrol, Penghuni Selamat

Hujan deras yang terjadi pada Jumat 21 Oktober mengakibatkan dua rumah di desa wates jenangan rusak . Satu rumah dilaporkan rusak pada bagian pondasi, sementara satu rumah lain temboknya jebol karena terkena material longsoran .

Seperti disampaikan Munaji kades Wates Jenangan , rumah yang rusak tersebut milik pak Kahar warga rt 2 rw 3 dukuh Galih dan rumah pak Sarno rt 1 rw 3 dukuh Galih desa Wates . Kerusakan rumah pak Sarno di Rt01 di nilai paling parah mengingat material tanah yang menimbun cukup banyak hingga menjebol dinding sisi kiri rumah tersebut .

Peristiwa itu terjadi pada jumat malam sekitar pukul 19.00,  tebing sepanjang belasan meter longsor dimana saat kejadian pemilik sedang berkumpul di dapur yang terletak di sisi kanan sehingga selamat .  Sementara material longsor yang menghantam tembok membuat dinding jebol hingga mencapai panjang 10 meter .  Menurut pemilik sebelum kejadian sempat terdengar suara seperti patahan kayu, kemudian disusul longsor yang membawa material tanah dan batu .

Kejadian ini merupakan kali pertama dimana sebelumnya tidak nampak ada tanda-tanda retakan tanah di titik tersebut .   Munaji menambahkan evakuasi tanah longsor hanya bisa dilakukan manual, mengingat alat berat tidak bisa ke lokasi karena terkendala medan .  Pemilik rumah tidak mengunsi karena masih bisa menempati rumah sisi lainya, sementara bantun dari pihak desa berupa sembako sudah di salurkan .

Sabtu pagi warga sekitar bersama perangkat juga melakukan kerja bakti membersihkan lokasi ,  atas kejadian ini pemilik diperkirkan mengalami kerugian puluhan juta rupiah, karena rumah tersebut belum lama di bangun, selain itu beberapa barang juga ikut tertimbun .