Jelajah

Harga Kedelai Impor Diprediksi Bertahan, Atau Bahkan Naik Hingga Akhir Tahun 2022

Harga kedelai diprediksi akan terus naik hingga bulan Desember nanti, perkiraan itu disampaikan Suwardi, salah satu importir kedelai di Ponorogo jika melihat stock bahan baku tempe tahu tersebut menipis sementara nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika melemah. Saat ini , harga kedelai Rp13.000 rupiah per kgnya, dimana merupakan level tertinggi sejak setahun terakhir.

Saat harga Rp12.000 per kilogramnya saja, pengrajin tempe dan tahu sudah banyak yang mengeluh dan mulai menyiasati dengan menurunkan dan mengecilkan produksi, apalagi sekarang sudah Rp13.000, pihaknya hanya berharap, meski harga naik tapi kedelai tidak sampai langka mengingat  lauk tahu tempe sudah menjadi bagian menu sehari hari warga Ponorogo dan indonesia pada umumnya.

Dijelaskan, jika 90% kedelai di Ponorogo Impor dari Amerika, kenaikan harga karena stock di Negara tersebut juga mulai menipis, adapun konsumsi kedelai di Ponorogo cukup besar yakni sekitar 5000 ton per bulan, sehingga dengan kenaikan harga kedelai juga berimbas kepada kalangan importir, menyusul permintaan turun hingga 20%.