Jelajah

Naik 3 Kali Lipat, PAD dari FNRP dan FRM Grebeg Suro Tembus Setengah Milyar Rupiah

Di luar ekspektasi, pendapatan asli daerah – PAD dari Festival Nasional Reog Ponorogo – FNRP dan Festival Reog Mini – FRM Grebeg Suro tahun ini, naikĀ  hampir 4 kali lipat. Data yang disampaikan Yudha Slamet Sarwo Edy, kepala dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga – Disbudparpora, pendapatan dari 2 event besar itu tembus setengah milyar rupiah lebih atau mencapai Rp 529 juta.

Angka tersebut memecahkan rekor tertinggi sepanjang diselenggarakannya festival nasional reog, sebab setiap diselenggarakan hanya menyumbang PAD 119 juta saja. Terakhir tahun 2019 lalu, menyumbangkan hampir Rp 150 juta kemudian vakum tak ada kegiatan karena pandemi selama 2 tahun.

Sebenarnya tahun 2022 ini, tidak ada target perolehan dari Festival reog mengingat tak ada rencana menggelar Grebeg Suro.

Seiring banyaknya kelonggaran kegiatan di masyarakat, pemerintah kabupaten memberanikan diri mengadakan event tahunan itu. Ternyata animo masyarakat Ponorogo luar biasa, dimana hampir semua kegiatan dipadati pengunjung. Bahkan mereka membeli tiket untuk festival reog, kelas VIP bukan reguler.

Hal tersebut dilihat dari kursi VIP yang selalu penuh. Peningkatan pendapatan juga terjadi karena kenaikan harga tiket masuk HTM untuk tahun ini.