3 Bank Setuju Beri Pelonggoran Kepada Peternak Sapi Yang Terdampak PMK

Kabar melegakan untuk peternak sapi yang terdampak virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di kota reyog .  Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo mengeluarkan kebijakan telah melakukan koordinasi dengan sejumlah perbankan untuk meringankan beban para peternak dalam membayar cicilan modal .


Menurutnya Kalau sekarang angsuran masih lancar .  Tapi dirinya tahu teman-teman peternak sapi itu rata-rata modalnya dari pinjaman maka sebelum benar-benar terdampak pihaknya mengkoordinasikan bank-bank terkait . Dari pertemuan tersebut, pihak perbankan menyetujui adanya restrukturisasi kredit untuk memberikan keringanan para peternak dalam membayar angsuran .

Masih kata Kang Giri, Pemkab Ponorogo juga akan fokus dalam hal kuratif dan preventif terutama untuk semaksimal mungkin agar penularan PMK bisa ditekan .  Kecamatan Pudak ini kepadatan sapi perahnya sangat luar biasa rapat, di rencanakan akan ada pos-pos atau satgas untuk mengatasinya .

Sementara hal yang sama juga dikatakan Masun Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Ponorogo . Menurutnya  tiga bank yang menjadi mitra peternak sapi perah di pudak yaitu BRI, BNI, dan Bank  Jatim telah bersedia untuk melakukan restrukturisasi kredit .

Pihak perbankan menyadari adanya PMK ini sangat berdampak pada peternak sapi perah lantaran produksi susu yang dihasilkan tidak bisa disetorkan ke pabrik yang selama ini menjadi mitra peternak .  Lanjut Masun Nantinya, pihak bank bersama Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Peternakan akan melakukan verifikasi dan validasi ke lapangan mendatangi satu persatu peternak .

Menurutnya, Bentuk restrukturisasinya dilakukan atas kajian bank, apakah penundaan pembayaran pokok atau perpanjangan tenor, penundaan pembayaran bunga dan lainnya .