Rangkaian Grebeg Suro Jadi Angin Segar Bagi Pengrajin Kerajinan Reyog

Angin segar kini mulai dapat dihirup oleh para perajin atibut kesenian reyog di Kabupaten Ponorogo. Pelonggaran aktivitas masyarakat yang berdampak pada mulai bergeliatnya berbagai event di Ponorogo disambut baik para perajin dan toko oleh-oleh khas Ponorogo di kota Reyog.


Kondisi tersebut ditambah lagi dengan adanya rencana Pemkab untuk mengadakan serangkaian acara perayaan Grebeg Suro dan Hari Jadi Kabupaten tahun 2022 ini. Dimana, awal Juni ini, para pengrajin telah mulai melakukan penyetokan barang khas Ponorogo yang kemungkinan banyak diburu wisatawan lokal ataupun luar daerah.

Seperi dikatakan oleh Widi, salah satu pengrajin dan pemilik tempat oleh-oleh khas Ponorogo, untuk atribut yang jadi favorit adalah 3 item yakni, penadon, kaos, dan topeng ganongan. Meski demikian, untuk ratusan produk kerajinan lainnya juga tetap menjadi daya pikat wisatawan.

Widi berharap, kedepan para pengrajin bisa mendapat pelatihan tentang pengembangan usaha agar lebih banyak inovasi serta pelatihan untuk marketing atau penjualan ke luar daerah.