Desa Kalimalang Sukorejo Mulai Kelola Sampah Dikawasan Pemukiman

Cerita inspiratif datang dari desa Kalimalang Sukorejo Ponorogo . Desa yang di pimpin Riyadi ini mulai bergerak bersama warga menangani permasalahan sampah. Bertempat  di balai desa setempat, Senin 6 desember digelar bim tek  pengelolaan sampah dikawasan pemukiman . 


Kepada gema surya , Riyadi menjelaskan bimtek sangat penting karena setiap hari setiap rumah tangga memproduksi sampah . Ketika setiap rumah tangga menghasilkan sampah tanpa ada pengelolaan yang terjadi akan terus menumpuk dan menjadi masalah baru . Kondisi tersebut sudah mulai terasa sejak beberapa tahun terakhir, dimana mana penuh dengan tumpukan sampah termasuk di sungai . 

Karenannya dengan diadakan pelatihan , maka warga diberi bekal bagaimana mengelola sampah dengan benar .  Karena masih tahap awal, lanjut Riyadi, yang terpenting mengetahui dahulu  cara memilah milah sampah , dari organik  dan non organik . Setelah itu akan di pikirkan bagaimana mendaur ulang sampah kering , dan menjadikan pupuk untuk sampah organik .  Kebetulan didesanya tahun 2014 lalu pernah mendapatkan bantuan mesin pemecah sampah dari pemkab .