HeadlineJelajah

Longsor Susulan Terjadi di Tugunongko, Jumlah Pengungsi Bertambah

Longsor susulan terjadi pada Sabtu 20 November 2021 di titik yang sama di dukuh Tugunongko RT 3 RW 4 desa Tugurejo Slahung. Kejadian Sabtu sore tersebut menimpa kadang ayam milik warga setempat. Siswanto, kepala desa Tugurejo mengatakan longsor susulan ini terjadi karena hujan pada Sabtu sore kemarin.

Selain itu juga material yang di atas juga berupa batu dan tanah ikut runtuh. Apalagi di atas bekas lokasi longsoran masih ada sumber air. Sehingga dikhawatirkan berpotensi menimbulkan longsor susulan lagi. Masih kata Siswanto, jumlah warga yang mengungsi juga bertambah yakni 13 KK  yang tersebar di 4 titik yang dianggap aman. Untuk kebutuhan logistik pengungsi sudah mulai didistribusikan oleh pihak-pihak terkait.

Namun, adanya longsor memberi dampak pada areal pertanian warga hingga akses jalan terputus. Untuk akses jalan yang terputus akibat terbawa longsoran tanah merupakan akses jalan yang menghubungkan Desa Tugurejo, Slahung dengan Dukuh Kaligondang, Desa Gemaharjo, Pacitan. Sehingga kata Siswanto, masyarskat di sana saat ini terisolir.